Monday, August 29, 2011

Madura, kota Karapan Sapi!!

Diawali dengan rasa penasaran mau melintasi jembatan Suramadu yang spektakuler itu. Hahahhah, lebay sangat yah?

Membuka peta Surabaya, ya aku masih sangat awam dengan kota ini. Jalan-jalan nya sangat membingungkan. Ahh tidak jauh dipeta, berangkatlah dengan mengarah pada “Paijo (Pelang Ijo)”, ya papan hijau bertuliskan arah jalan itu sangat membantu di kota besar ini.

Dan Suramadu pun ditemukan, yeeaahhhh… Dengan Bayar Rp.3000 untuk kendaran motor yang saya naiki (Rp.30.000 untuk kendaraan mobil), kurang lebih 5km jembatan itu kutempuh. Wowww, buatan manusia yang sangat hebat. Jembatanin memotong laut yang membatasi Surabaya dan Madura. Angin yang sangat kencan ketika berada ditengah-tengah saat melintasi nya membuat aku tidak berani memacu kendaraan ku ini dengan kecepatan sangat tinggi.

Madura, kota Karapan Sapi!!

Laut yang jauh berada dibawahku ini sedikit membuat ku merinding, apalagi ketika teringat pemberitaan di media kalau baut-baut dan besi yang ada di penghubung jalan ini banyak yang di curi, bagaimana kalau tiba-tiba jembatan ni roboh? Hmmm, Tuhan punya Kuasa. Aku selamat sampai di Pulau Madura, pulau yang kupikir kecil di Indonesia ini, ternyata besar.

Sayang jika hanya melintasi Suramadu, akhirnya aku mengendari motor ku masuk ke Kota Madura tanpa arah yang jelas, dan beruntungnya aku, tanpa kutahu sedang akan dilakukan acara karapan sapi, kegiatan khas warga Madura yang waktunya pun tidak tentu. Bruntungnya aku.

Madura, kota Karapan Sapi!!

Madura, kota Karapan Sapi!!

Memarkir motor, turun dan mengambil spot terbaik ntuk mengabadikan moment langka buatku ini. Kamera DSLR yang selalu menemani perjalananku pun telah ada digenggamanku dan siap dipergunakan. Salah satu acara adat yang arang kutemui, aku abadikan semuanya. Tapi sayang alam berkehendak lain, hujan tiba-tiba turun dengan derasnya. Ta apa lah, lain kali aku akan kesana lagi dan mendokumentasikan Pulau Madura di sisi lainnya.

Dan waktu lainpun datang, dengan niat mengunjungi teman yang berasal dari Madura, aku mengunjungi Madura lagi, kali ini dengan tujuan Pantai. Dengan perjalanan panjang sekitar 2,5jam, aku sampai pada salah satu pantai di perbatasan antara Sampang dan Bangkalan, Pantai Nepa.

Pantai yang bersih, ada kawasan hutan kecil yang banyak dihuni oleh monyet-monyet kecil. Menarik, sangat menarik. Tapi layaknya Pantai yang belum terjamah oleh pemerintah, pantai ini hanya pantai, tempat duduk-duduk santai, tidak ada pengelolaan yang serius untuk dijadikan tempat wisata.

Madura, kota Karapan Sapi!!

Madura, kota Karapan Sapi!!

Tapi secara keindahan alam, pantai ini bagus untuk dinikmati. Senja pun kudapat disana, hangat rasanya. Menarik juga Pulau Madura ini.

Madura, kota Karapan Sapi!!

Madura, kota Karapan Sapi!!

Madura, kota Karapan Sapi!!

No comments:

Post a Comment